RESUME PRINSIP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
RESUME
PRINSIP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Latar Belakang Pemilihan Media Pembelajaran
Dalam
melaksanakan pembelajaran memerlukan perencanaan yang matang dalam memilih
media pembelajaran agar kemampuan dasar yang dirumuskan dapat dicapai sesuai
yang diharapkan dan memberikan pengalaman belajar siswa lebih baik. Media
pembelajaran yang dirancang dengan sebaikbaiknya dapat mendekatkan siswa dengan
pengalaman nyata yang tidak dialami secara langsung. Oleh sebab itu para guru
perlu mengenal jenis-jenis media pembelajaran, dan berlatih untuk mengembangkan
alternatif media pembelajaran sains sesuai materi, pengalaman belajar, dan
fasilitas yang tersedia.Pemilihan media pembelajaran hendaknya sesuai dengan
penggunaannya dalam pembelajaran sesuai kebutuhan.
Media merupakan
salah satu komponen sistem pembelajaran. Sebagai komponen, media hendaknya
merupakan bagian integral dan harus sesuai dengan proses pembelajaran secara
menyeluruh. Ujung akhir dari pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut
dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa dapat berinteraksi
dengan media yang guru pilih. Apabila guru telah menentukan alternatif media
yang akan guru gunakan dalam pembelajaran, maka pertanyaan berikutnya sudah
tersediakah media tersebut di sekolah atau di pasaran ? Jika tersedia, maka
guru tinggal meminjam atau membelinya saja. Itupun jika media yang ada memang
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah guru rencanakan, dan terjangkau
harganya. Jika media yang guru butuhkan ternyata belum tersedia, mau tak mau
guru harus membuat sendiri program media sesuai keperluan tersebut.
B. Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Secara umum,
kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran
diuraikan sebagai berikut :
1.
Tujuan
Tentukan
tujuan yang akan dicapai terlebih dahulu. Ranah
apakah yang akan dicapai kognitif, afektif , psikhomotor atau
kombinasinya.Jenis indera apa yang ditekankan: apakah penglihatan, pendengaran,
atau kombinasinya.sehingga dapat menentukan apakah media tersebut akan bersifat
visual atau audio atau keduanya atau berbentuk multimedia.
2.
Sasaran
Tentukan
sasaran yang akan bersentuhan dengan media pembelajaran.media pembelajaran
harus menyesuaikan terhadap karakteristik sasaran,contoh : jumlah sasaran akan
mempengaruhi pemilihan media.
3.
Karakteristik media yang digunakan
Ketahui
terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan media yang digunakan.bandingkan dengan
media pembelajaran lain.
4.
Waktu penggunaan
Ukur terlebih dahulu berapa lama waktu yang diperlukan untuk
mengadakan atau membuat media yang akan guru pilih, serta berapa lama waktu
yang tersedia / yang guru memiliki.
5. Biaya
Penggunaan media pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan
efisiensi dan efektifitas pembelajaran. Apalah artinya guru menggunakan media,
jika akibatnya justru pemborosan.
6. Ketersediaan
Ketahui terlebih dahulu penggunaan media tersebut mudah di peroleh
dan sesuai dengan pembelajaran
7. Konteks Penggunaan
Kondisi dan strategi bagaimana media tersebut akan digunakan.
Misalnya: apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau
masal ? Dalam hal ini guru perlu merencanakan strategi pembelajaran secara
keseluruhan yang akan guru gunakan dalam proses pembelajaran
8. Mutu Teknis
memilih/membeli media siap pakai yang telah ada, misalnya program
audio, video, garafis atau media cetak lain. Bagaimana mutu teknis media
tersebut, apakah visualnya jelas, menarik dan cocok? Apakah suaranya jelas dan
enak didengar? Jangan sampai hanya karena keinginan guru untuk menggunakan
media saja, lantas media yang kurang bermutu guru paksakan penggunaannya.
Contoh
Flowchart model Gagne dan Reiser dalam pemilihan media bertitik pada tujuan
Gambar1.Flowchart
Pemilihan Media
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar