RESUME PRINSIP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

RESUME
PRINSIP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Latar Belakang Pemilihan Media Pembelajaran
Dalam melaksanakan pembelajaran memerlukan perencanaan yang matang dalam memilih media pembelajaran agar kemampuan dasar yang dirumuskan dapat dicapai sesuai yang diharapkan dan memberikan pengalaman belajar siswa lebih baik. Media pembelajaran yang dirancang dengan sebaikbaiknya dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman nyata yang tidak dialami secara langsung. Oleh sebab itu para guru perlu mengenal jenis-jenis media pembelajaran, dan berlatih untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran sains sesuai materi, pengalaman belajar, dan fasilitas yang tersedia.Pemilihan media pembelajaran hendaknya sesuai dengan penggunaannya dalam pembelajaran sesuai kebutuhan.
Media merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Sebagai komponen, media hendaknya merupakan bagian integral dan harus sesuai dengan proses pembelajaran secara menyeluruh. Ujung akhir dari pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan media yang guru pilih. Apabila guru telah menentukan alternatif media yang akan guru gunakan dalam pembelajaran, maka pertanyaan berikutnya sudah tersediakah media tersebut di sekolah atau di pasaran ? Jika tersedia, maka guru tinggal meminjam atau membelinya saja. Itupun jika media yang ada memang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah guru rencanakan, dan terjangkau harganya. Jika media yang guru butuhkan ternyata belum tersedia, mau tak mau guru harus membuat sendiri program media sesuai keperluan tersebut.
B.     Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Secara umum, kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran diuraikan sebagai berikut :
1.      Tujuan
Tentukan tujuan yang akan dicapai terlebih dahulu. Ranah apakah yang akan dicapai kognitif, afektif , psikhomotor atau kombinasinya.Jenis indera apa yang ditekankan: apakah penglihatan, pendengaran, atau kombinasinya.sehingga dapat menentukan apakah media tersebut akan bersifat visual atau audio atau keduanya atau berbentuk multimedia.
2.      Sasaran
Tentukan sasaran yang akan bersentuhan dengan media pembelajaran.media pembelajaran harus menyesuaikan terhadap karakteristik sasaran,contoh : jumlah sasaran akan mempengaruhi pemilihan media.
3.      Karakteristik media yang digunakan
Ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan media yang digunakan.bandingkan dengan media pembelajaran lain.
4.      Waktu penggunaan
Ukur terlebih dahulu berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengadakan atau membuat media yang akan guru pilih, serta berapa lama waktu yang tersedia / yang guru memiliki.


5.      Biaya
Penggunaan media pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran. Apalah artinya guru menggunakan media, jika akibatnya justru pemborosan.
6.      Ketersediaan
Ketahui terlebih dahulu penggunaan media tersebut mudah di peroleh dan sesuai dengan pembelajaran

7.      Konteks Penggunaan
Kondisi dan strategi bagaimana media tersebut akan digunakan. Misalnya: apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau masal ? Dalam hal ini guru perlu merencanakan strategi pembelajaran secara keseluruhan yang akan guru gunakan dalam proses pembelajaran
8.      Mutu Teknis
memilih/membeli media siap pakai yang telah ada, misalnya program audio, video, garafis atau media cetak lain. Bagaimana mutu teknis media tersebut, apakah visualnya jelas, menarik dan cocok? Apakah suaranya jelas dan enak didengar? Jangan sampai hanya karena keinginan guru untuk menggunakan media saja, lantas media yang kurang bermutu guru paksakan penggunaannya.
Contoh Flowchart model Gagne dan Reiser dalam pemilihan media bertitik pada tujuan


Gambar1.Flowchart Pemilihan Media

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman